Ukuran Story Instagram

Instagram merupakan platform berbagi foto dan video yang sangat populer dikalangan generasi muda. Instagram atau ig menjadi tempat untuk menunjukan ekspresi mereka kepada dunia sehingga kamu dengan sangat mudah menjumpai konten kreatif, aneh, unik dan menarik.

Salah satu fitur yang umum digunakan dalam aplikasi ig adalah Instagram story. Kamu dapat membagikan foto maupun video singkat menggunakan fitur tersebut. Sayangnya, terdapat patokan ukuran Story Instagram agar foto tidak terpotong.

Ukuran Story Instagram Untuk Foto

Ukuran-Instagram-Story-Untuk-Foto

Kamu bisa mengunggah foto dalam instastory untuk berbagai keperluan. Baik itu keperluan promosi maupun hanya untuk mengunggah kegiatan sehari-hari atau hal menarik lainnya. Sayangnya, konten yang dipasang menggunakan fitur ini hanya bisa bertahan selama 24 jam saja.

Terdapat patokan ukuran yang membatasi penggunaan fitur ini sehingga saat kamu memasang foto dengan ukuran asal-asalan, maka akan terpotong di beberapa bagian. Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius jika tidak ditangani dengan benar.

Misalkan saja kamu ingin memasang konten promosi. Namun, peletakan informasi beberapa informasi tidak dilakukan dengan perhitungan tepat akibatnya pada saat diposting di instastory sebagian gambar terpotong dan informasi hilang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu memerlukan informasi mengenai ukuran gambar yang bisa dipajang pada Instagram story sehingga gambar tersebut bisa dengan tepat memenuhi bagian layar dan informasi di dalamnya dapat tersampai dengan sempurna.

Informasi mengenai ukuran foto untuk Instagram Story dapat dilihat di tabel berikut.

Pixel instastory 1080 x 1920 pixel
Aspect ratio 9 : 16
Alternatif ukuran instastory 720 x 1280 pixel, 450 x 800 pixel
Format JPEG atau PNG
Ukuran file Up to 30 Mb

Ukuran Story Instagram Untuk Video

Ukuran-Instagram-Story-Untuk-Video

Tidak hanya foto, kamu juga bisa mengupload konten berupa video ke dalam Instagram story. Tentunya konten ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan foto. Meski begitu, video yang diupload bisa berisi konten promosi maupun konten menarik lainnya.

Untuk mengunggah konten berbasis video tentunya memerlukan kuota yang cukup banyak. Namun, karena durasi video dibatasi dan cukup singkat. Maka, kuota yang terserap akan bisa dikendalikan.

Penggunaan konten video sebagai salah salah satu media promosi disebabkan oleh informasi yang dikandungnya lebih mudah diserap oleh audiens. Selain itu, konten video sangat menarik dan memancing orang untuk menontonnya hingga selesai.

Pixel Instagram story 1080 x 1920 pixel
Aspect ratio 9 : 16
Resolusi video Disarankan minimal 720 pixel
Ukuran maksimal 4 Gb
Format file Up to 4 Gb

Mengunggah konten video sebagai instastory tidak boleh asal asalan. Apalagi video tersebut memiliki tujuan komersial. Untuk itu, setiap aspek dalam video harus diperhatikan dengan seksama.

Resolusi sebuah video juga memperngaruhi kualitasnya. Semakin tinggi resolusi dari sebuah video, maka akan semakin nyaman dipandang. Selain itu, penggunaan kombinasi warna juga perlu menjadi pertimbangan.

Semakin lues kombinasi warna yang ditampilkan dalam video, maka akan membuat penonton menjadi tertarik. Bagian yang tidak kalah penting adalah pada saat halaman video terbuka, gambar apa yang akan terlihat. Karena, jika gambar tidak menarik maka orang akan enggan untuk menonton lanjutannya.

Template Ukuran Story Instagram

Membuat konten untuk di pajang pada Instagram Story tentunya tidak mudah. Pembuatan konten tersebut membutuhkan kreatifitas dan skill untuk mengoperasikan berbagai software editing.

Skill tersebut harus dimiliki jika ingin membuat konten untuk tujuan komersial. Penggunaan template tidak disarankan untuk tujuan tersebut karena penggunaan template akan mengurangi kesan profesional dari brand yang sedang dipromosikan.

Namun, jika foto atau video tersebut hanya untuk membagikan hal menarik atau mengunggah kegiatan yang sedang dilakukan. Maka, penggunaan template bisa menjadi pilihan yang bijak sehingga kamu tidak perlu membuat konsep konten dari awal.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini untuk membuat konten karena aplikasi tersebut mengahirkan banyak template yang unik dan menarik.

1. Canva

Canva

Aplikasi Canva sangat cocok untuk membuat konten Instagram maupun konten berbasis foto lainnya. Aplikasi ini memiliki interface menarik serta mudah dipahami.Pengguna pemula dapat menggunakannya dengan sangat baik.

Canva mempunyai lebih dari 60 ribu template gambar menarik yang dapat digunakan secara gratis sehingga konten tersebut akan menjadi lebih bervariasi dan berbeda beda setiap harinya.

Selain menyediakan ribuan template menarik, aplikasi Canva juga memiliki fitur untuk menambahkan teks pada sebuah gambar. Font yang tersedia juga sangat beragam dan bagus.

Dengan mengkombinasikan antara background dan font yang sesuai. Kamu dapat membuat konten yang sangat menarik. Selain itu, konsep di atas sangat cocok untuk menuliskan kalimat-kalimat mutiara agar terlihat bijak.

Tidak hanya itu, penggunaan fitur crop juga akan sangat membantu dalam menyesuaikan ukuran foto dengan format pada Instagram story. Pada akhirnya, informasi bisa lebih maksimal  tersampaikan kepada para penonton.

2. Insta Story

Insta-Story

Nama aplikasi ini memang mirip dengan akronim dari Instagram story. Wajar saja, karena aplikasi tersebut memang ditujukan untuk membuat konten yang akan dimasukan dalam Instagram story.

Aplikasi ini menghadirkan berbagai macam template menarik yang bisa dipilih sesuka hati. Apabila kamu sering memperhatikan konten yang dibuat oleh selebgram, maka kamu akan menyadari bahwa template konten tersebut mirip dengan template aplikasi Insta Story.

Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga menggunakan template dari aplikasi ini. Untuk itu, segera pasang aplikasi Insta Story untuk membuat berbagai konten menarik demi mengisi bagian Instagram Story milikmu.

Aplikasi ini membuat template dengan ukuran yang sudah sesuai dengan ketentuan dalam Instagram Story. Oleh karena itu, Kamu tidak perlu melakukan pemotongan mandiri untuk menyesuaikannya.

3. Over

Over

Apabila kamu ingin membuat konten Instastory menarik dan berkualitas. Aplikasi Over bisa menjadi alternatif solusi. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini menghadirkan template yang memiliki kombinasi warna yang sangat luas dan elegan.

Konten tersebut bisa menjadi lebih enak dilihat dan menarik pula di mata para penonton.Follower yang kamu punya saat ini tidak menjadi bosan dan meng unfollow. Bahkan, mungkin saja follower tersebut bertambah.

Terdapat dua versi dari aplikasi ini, yaitu versi gratis dan berbayar. Aplikasi Over versi gratis pun sudah memberikan fasilitas yang sangat baik. Template yang tersedia juga sangat beragam dengan keunikannya masing masing.

Namun, apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Sangat disarankan untuk menggunakan versi berbayar. Kamu bisa menghilangkan watermark yang ada atau menggantinya sesuka hati.

Selain itu, Over versi berbayar juga memberikan template premium dengan bentuk yang dan variasi warna yang lebih elegan lagi.

Instagram Story memang banyak digunakan untuk keperluan promosi atau keperluan komersial lainnya. Namun, terkadang orang kurang memperhatikan aspek ukuran foto maupun video yang dipajangnya.

Pada akhirnya, konten tersebut menjadi terpotong atau bahkan diperkecil. Hal tersebut sangat mengurangi unsur estetis dari konten yang dibuat. Untuk itu, kmau lebih baik memperhatikan aspek ukuran story instagram untuk hasil yang lebih maksimal.