Mean Median Modus

Halo kawan-kawan semuanya pembahasan kita kali ini adalah tentang pelajaran matematika yang bertemakan Mean Median Modus, apakah kalian sudah mengerti tentang pelajaran ini? Jika belum kalian bisa menyimak artikel ini sampai akhir ya sobat.

Ngomong-ngomong soal pelajaran matematika, pelajaran yang satu ini merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai oleh banyak orang karena pelajarannya yang sulit dan selalu saja berhitung.

Tapi tidak sedikit orang yang suka dengan pelajar yang satu ini, dan tema yang kita bahas kali ini sudah diajarkan sejak kita duduk dibangku kelas 6 SD, apabila lupa kalian bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Mean Median Modus

modus adalah

Mean yakni nilai Rata-rata yang bisa didapatkan dari hasil penjumlahan semua nilai dari masing-masing data, kemudian dibagi dengan banyaknya data yang sudah ada.

Median ialah nilai tengah dari sebuah kumpulan data yang telah diurutkan, apabila jumlah data Ganjil jadi Nilai Median yakni satu nilai yang ada ditengah urutan, tapi apabila jumlah data Genap jadi Mediannya yakni hasil penjumlahan dua nilai yang ada ditengah urutan data, lalu hasilnya dibagi dua.

Modus yakni data ataupun nilai yang sering muncul ataupun yang memiliki jumlah frekuensinya paling banyak.

Dan itulah pengertiannya kemudian pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang rumus mean, median, dan modus simak baik-baik ya sobat.

Rumus Mean Median Modus

Apakah kalian masih ingat dengan rumus-rumus ini? apabila sudah tidak ingat maka kalian bisa mempelajarinya kembali dengan menyimak penjelasan dibawah ini.

Rumus Mean

Mean ialah nilai rata-rata sebuah data. Nilai rata-rata ialah hasil diantara jumlah nilai keseluruhannya dengan banyaknya data yang ingin diolah. Secara matematis, rumus mean yakni sebagai berikut:

mean adalah

Rumus Median

Cara menentukan median pada data tunggal cukup mudah. Kita dapat mengurutkannya dari data terkecil ke data terbesar. Jika banyak data ganjil tentu kita langsung bisa menentukan nilai tengahnya.

Bagaimana jika banyaknya datanya itu ada yang ganjil dan ada yang genap? untuk rumus median data tunggal yaitu sebagai berikut:

Med = xn/2

Dan untuk rumus median untuk data genap yaitu sebagai berikut:

median adalah

Rumus Modus

Untuk menentukan nilai modus, biasanya untuk data tunggal dibuat sebuah tabel frekuensi data tunggal supaya memudahkan dalam menemukan frekuensi tiap data, kemudian temukan data yang berfrekuensi terbesar.

Untuk rumus modus dengan data ganda bisa menggunakan rumus berikut ini:

Mo = tb + (d/ (d1 + d2)) k

Keterangan:

  • Mo  : modus dari data kelompok
  • tb  : tepi bawah dari modus
  • d1  : frekuensi kelas modus yang dikurangi dengan frekuensi kelas yang sebelumnya
  • d2  : frekuensi kelas modus yang dikurangi frekuensi kelas yang sesudahnya
  • k  : panjang kelas

Penerapan Mean, Median, dan Modus

Mean, median, dan modus begitu diperlukan dalam menganalisis sebuah hasil ataupun pengumpulan data.

Sesudah data diperoleh atau dikumpulkan, langkah yang selanjutnya ialah data diolah dengan menggunakan metode statistik.

Misalkan dalam kasus nilai ulangan Bahasa Indonesia. Untuk penerapan mean bisa ditunjukkan pada saat menentukan berapa banyak sekali siswa yang mendapatkan nilai yang di atas rata-rata.

Median dipakai apabila guru mau membagi kelas menjadi 2 kelompok berdasarkan dengan urutan nilai.

Modus bisa dipakai oleh guru agar mengetahui berapa banyaknya siswa yang mendapatlan nilai tertentu ataupun menentukan frekuensi yang terbanyak dari sebuah data.

Setelah kalian menyimak semua penjelasan diatas maka pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang contoh soalnya jadi kalian bisa makin jago matematikanya.

Contoh Soal Mean, Median, dan Modus

Dibawah ini akan kami sajikan beberapa contoh soal yang bisa kalian pelajari dan pahami.

Contoh Soal 1

Tentukanlah rata-rata data berikut ini:

Nilai Frekuensi
11 – 15 4
16 – 20 5
21 – 25 8
26 – 30 8
31 – 35 4
36 – 40 2

Jawab:

Nilai xi fi fixi
11 – 15 13 4 52
16 – 20 18 5 90
21 – 25 23 8 161
26 – 30 28 8 224
31 – 35 33 4 132
36 – 40 38 2 76
Jumlah 30 735

Penyelesaian

contoh soal mean data tunggal dan jawabannya

Contoh Soal 2

Nilai matematika dari 15 siswa kelas XI IPs yakni 7,8,6,4,10, 5,9,7, 3,8, 6, 5, 8, 9, serta 7. Tentukanlah nilai rata-ratanya.

Jawab yaitu 2

Jadi, nilai rata-ratanya ialah 6,8

Demikianlah pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat kita semua dan semoga kalian makin jago ya matematikanya.

Baca Juga Lainnya: